Senin, 23 Juli 2012

Mengoperasikan SO berbasis Text

Sistem Operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya menggunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Pengertian sistem operasi secara umum adalah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system call) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan sertas pemanfaatan sumber daya sistem komputer.

Sistem operasi mempunyai tiga sasaran utama yaitu kenyamanan (membuat penggunaan komputer lebih nyaman), efisien (penggunaan sumber-daya sistem komputer secara efisien), dan mampu berevolusi (system operasi harus dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan dalam pengembangan, pengujian serta pengajuan system-sistem yang baru).

Pengoperasian komputer berbasis teks dalam lingkungan Windows, dikenal dengan sebutan DOS (Disk Operating System), Pada lingkungan Linux pengoperasian komputer dengan basis teks dapat dilakukan dengan menekan tombol : Alt + F7 maka secara langsung tampilan grafik akan hilang.
 
Gambar MS-Dos
 
Dalam lingkungan windows, DOS (Disk Operating System) adalah sistem operasi pertama yang dijalankan pada komputer IBM PC kompatibel. Sistem operasi ini pertama kali dikembangkan oleh IBM kemudian dilanjutkan oleh Microsoft. Saat ini, meskipun Microsoft telah mengeluarkan WINDOWS , tetapi aplikasi DOS tetap disertakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar