Jumat, 27 Juli 2012

MENGENAL KOLOM, BARIS, CELL DAN RANGE MS. EXCEL

Setiap worksheet terdiri dari kolom dan baris. Nama kolom diawali dengan huruf A, B, C, dan seterusnya. Nama baris diawali dengan angka 1, 2, 3, dan seterusnya. Perpotongan antara Kolom dan Baris disebut Cell. Nama Cell dituliskan berdasarkan nama Kolom dan Baris.

Contoh:
Cell A1 => merupakan perpotongan antara kolom A dan baris 1
Cell D4 => merupakan perpotongan antara kolom D dan baris 4
Nama Cell berguna untuk menentukan penggunaan rumus dan pengolahan data terhadap cell yang bersangkutan dan memudahkan penulisan rumus/formula.

Contoh:
Perkalian antara cell A1 dan D4 dapat dituliskan dengan =A1*D4
Gabungan/kumpulan dari beberapa cell biasa disebut dengan Range.

Contoh;
Range (A1:D4) => merupakan hasil seleksi/gabungan cell A1 sampai D4.
Range (D7:H10) => merupakan hasil seleksi/gabungan cell D7 sampai H10.
Range berguna untuk mendefinisikan beberapa cell untuk operasi aritmatika ataupun statistik.

Contoh:
=SUM(A1:D10) => merupakan perintah untuk menjumlahkan cell pada jangkauan/range A1 sampai D10.

Cara Menambah Cell Microsoft Excel 2007
Untuk menambahkan cell baru didalam worksheet dapat dilakukan dengan cara:

    Klik tab Home
    Pilih kategori Cells
    Klik tanda panah pilihan insert
    Pilih Insert Cells
    Pilih salah satu opsi pilihan yang tampil
    Klik OK

Cara Menambah Garis pada Ms. Excel 2007
Untuk menambahkan baris baru didalam worksheet dapat dilakukan dengan cara:

    Klik tab Home
    Pilih kategori Cells
    Klik tanda panah pilihan insert
    Pilih Insert Sheet Rows

Cara Menambah Kolom Microsoft Excel 2007
Untuk menambahkan kolom baru didalam worksheet dapat dilakukan dengan cara:

    Klik tab Home
    Pilih kategori Cells
    Klik tanda panah pilihan insert
    Pilih Insert Sheet Columns

Tidak ada komentar:

Posting Komentar